Social Icons

twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Rabu, 06 Februari 2013

SEJARAH PENGEMBANGAN SIMKAH DI TRENGGALEK



SAMBUTAN KANKEMENAG DALAM PEMBUKAAN PEMBINAAN SIMKAH DI TRENGGALEK
oleh Operatorsimkah Trenggalek pada 25 September 2011 pukul 13:33 ·
Perkembangan Technologi informasi, belakangan ini semakin merambah disegala sektor kehidupan, setahab demi setahab akan menuntun kita menuju pada kemudahan dalam berbahagi hal,  namun pemanfaatan technologi yang keliru, tentu akan menuai dampak yang merugikan. Sementara mengubur pengetahuan dari perkembangan tecgnologi , agar terhindar dari berbagai dampak buruk yang akan muncul, bukan merupakan solusi yang tepat.
Memasuki era  globalisari, memberikan isyarat positif akan adanya perubahan dalam berbagai hal. Dalam hal Pelayanan dituntut cepat, akutrat dan akuntable , semua itu muncul ditengah makin berharganya waktu.
Seiring dengan itu, Kantor Urusan Agama Kecamatan ( KUA ) se Kabupaten Trenggalek  harus bisa memberi Pelayanan PRIMA, dalam hal pelayanan terhadap kebutuhan masyarakat, khususnya dalam penanganan Pencatatan Nikah. KUA se Kabupaten Trenggalek siap untuk bersinergi berbasis IT, merubah orientasinya dari Manual system hijrah menuju  Digital system ,dengan menggunakan program SIMKAH ( sisitem informasi managemen Nikah ).KUA  tidak boleh terkungkung dan terpaku, tanpa ada usaha untuk menjadi lebih baik dari hari ini.

 
Sistem Informasi Managemen Nikah ( SIMKAH ) adalah Program aplikasi berbasis windows yang berguna untuk mengumpulkan data data nikah rujuk, dan data tersebut sangat  berguna untuk membuat berbagai analisa, laporan sesuai dengan kebutuhan atau keperluan.Program SIMKAH yang sudah berjalan Optimal tentu akan bisa membetuk jaringan kerja sama lintas Instansi, Sehingga dengan adanya Program ini masing masing instansi lewat tupoksinya bisa saling mengawasi.
Oleh karena itu Kepala Kanmenag Kabupaten Trenggalek Drs.H.Ngudino,M.Ag, sangat mengharap agar Program ini di laksanakan dengan sungguh sungguh, karna selain akan memberikan nuansa yang berbeda pada setiap Kua Kecamatan, juga akan memberikan banyak kemudahan Khususnya bidang pelayanan, program ini   harus dikawal, semua harus saling
mengawasi, hingga dapat membuahkan hasil yang sesuai dengan harapan.
Para operator dari masing masing KUA, hendaknya membuat Team work atau Networt agar bisa saling asih, asah dan asuh. Yang belum bisa hendaknya terus belajar dan sudah bisa agar menularkan ilmunya, sehingga kebersamaan akan tercipta dalam mensukseskan program yang sudah dicanangkan.
Profil KUA harus tetap menjadi basis orientasi Pengembangan bidang keagamaan, dimana Pegawai KUA harus tetap menjadi contoh yang baik, disamping fungsinya sebagai pegawai ( Umaro’ ) namun juga harus bisa tampil menjadi ( Ulama’ ), artinya menjadi tokoh masyarakat, untuk ikut andil memberikan pencerahan ummat.
Layanan Internet sebagai faktor Penunjang program, hendaknya digunakan untuk kemaslahatan, misalnya mempublikasikan berbagai kegiatan, mencari informasi,atau membuka forum diskusi sebagai bentuk layanan online. Jangan kemudian dengan adanya internet  disalah gunakan untuk meng akses sesuatu yang tidak memberikan dampak kemaslahatan bagi diri sendiri atau untuk umum.
Kasi Urais ( Drs H. Mustofa Alchamdani, M.Si )juga menambahkan, bahwa hari ini kita semua tlah punya Planing yang secara kebersamaan tlah Ter-organising, dan hari ini  sudah di Aktualisasikan, maka untuk selanjutnya tinggal membutuhkan Controling. Kepala KUA  hendaknya terus memback-up, mengawasi dan mendorong lajunya program ini agar tidak berjalan pincang.

Pendidikan dan Pelatian Program SIMKAH
Di Aula Kenemag Kaupaten Trenggalek Tanggal 30 Oktober 2010

GALERY ALBUM
PEMBERDAYAAN SDM P3N
YANG SDH TUA BUKAN BERARTI TDK BERDAYA, SEMANGAT AGAR LEBIH MANFAAT
Pemberdayaan Penghulu da Operator door 2 door
Kebersamaan membuahkan Hasil, PLQ berhasil kami miliki.
Praktek mengoperasionalkan bersama Bapak Kasi Urais dan Master SIMKAH " Aries setiayawan "
Terima kasih Bapak Ngudiono ( Kankemenag), Bpk. Musthofa Alchamdani (kasi Urais),semoga kami trs bisa berkarya dan berdaya...

Tidak ada komentar: